Wow…Demi Cantik Pemprov DKI Beli Pohon Seharga Rp 750 Juta

Salah satu bentuk pohon Baobab. Foto: wikipedia
Salah satu bentuk pohon Baobab. Foto: wikipedia

POJOKSATU – Untuk mempercantik ruang terbuka hijaunya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tak ingin main-main. Buktinya pemerintah DKI menyediakan bugdet besar untuk bisa memoles ruang terbuka hijau di Waduk Ria Rio. Tak tangung-tanggung anggaran Rp 750 juta disiapkan hanya untuk membeli sebuah pohon.

Tanaman yang direncanakan dibeli adalah pohon Baobab yang diimpor dari Afrika Selatan.‎ Kepala Bidang Taman Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ratna Dyah mengatakan pohon Baobab mampu hidup hingga 40 tahun. Pohon tersebut juga sangat unik.

Menurut Ratna, pohon Baobab dipilih karena cuaca di Indonesia dan Afrika yang tidak jauh berbeda. Ia menyatakan akan ada pemeliharaan dan perawatan yang intens terhadap pohon tersebut.

“Pohon itu hanya bisa di ‎tempat yang luas karena tajuknya cukup lebar dan batangnya besar. Kalau ditempatkan harus tersendiri dan enggak bisa beramai-ramai,” kata Ratna saat dihubungi, Kamis (29/1).


Ratna mengungkapkan dengan ciri khas yang unik membuat harga Rp 750 juta ‎cukup pantas untuk pohon tersebut. Ia mengaku tidak mengetahui kapan pohon tersebut ditanam di Waduk Ria Rio.

“‎Yang mendatangkan itu PT Pulomas Jaya dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) saat menata Waduk Ria Rio,” tandas Ratna. (gil/jpnn/lya)