Sekolah Siapkan Guru Bahasa Jepang Asli Negeri Tirai Bambu

kosgoro
Program The ASEAN – Japan Commemorative Summit Meeting, SMA Kosgoro. dok: Aghi/Radar Bogor

POJOKSATU – SMA Kosgoro memiliki guru bahasa Jepang asli dari negeri tirai Bambu mulai semester ini, pertanggal 29 Januari 2015. Pengajar bahasa Jepang Ogawa Kenji dari Nohongo Partners datang untuk pertama kalinya ke SMA Kosgoro.

Nihongo Partners adalah program pengiriman tenaga penutur asli bahasa Jepang untuk menjadi mitra bagi guru Bahasa Jepang di Indonesia. Setelah menjalani orientasi selama seminggu di The Japan Foundation Jakarta, Ogawa Kenji akan bertugas di SMA Kosgoro selamat satu semester.

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo yang hadir pada acara penyambutan di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Jakarta mengatakan bahwa Nihongo Partners merupakan program bekelanjutan dari acara The ASEAN-Japan Commemorative Summit Meeting di Tokyo Jepang pada bulan Desember 2013.

“Desember 2013 lalu, sudah ada program dari kegiatan The ASEAN – Japan Commemorative Summit Meeting dan ini merupakan program gelombang kedua yang terdapat 23 peserta program Nihong Partners,” ungkapnya.


Pengajar yang telah ditunjuk untuk datang ke Indonesia akan mengajar di SMA dan SMK di daerah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Dalam program ini, Kepala SMA Kosgoro merasa diberikan penghargaan dari pemerintah Jepang yang telah menginisiasi program Nihongo Partners dan kepada  Acia Center, The Japan Foundation.

Dirinya juga mengharapkan melalui program ini semoga terjadi pertukaran budaya antar kedua negara, khususnya budaya di Jawa Barat yaitu budaya Sunda. “Semoga kami bisa mengenalkan budaya Sunda pada guru bahasa Jepang, dan akan disebarkan di Negara Jepang tentang kebudayaan Sunda,” harapnya.

Di SMA Kosgoro Ogawara Kenji yang di panggil Pak Kenji ini diharapkan program Nihongo Partners dapat memberikan pembelajaran kebudayaan dan Bahasa Jepang yang lebih baik dan menyenangkan bagi kepada para siswa.

Sementara itu Mr. Kenji panggilan Ogawara Kenji yang bersal dari Okinawa Japan merasa senang bisa berada di SMA Kosgoro yang akan berbagi pengalaman, “Saya akan belajar tentang Indonesia dari SMA Kosgoro, demikian juga kami akan mengajarkan apa yang diperlukan oleh para siswa,” demikian ungkapnya dalam bahasa Jepang yang sesekali.(rp10/zul)