Dunia Ragukan KNKT Ungkap Black Box AirAsia

TATANG KNKTPOJOKSATU — Dunia internasional sempat meragukan Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT), tentang upaya pengungkapan kotak hitam (black box) AirAsia QZ8501. Hal itu dikatakan Ketua KNKT, Tatang Kusniadi saat konferensi pers di Kantor KNKT, Jakarta, Kamis (29/1).

“Sampai-sampai ruangan kita yang sederhana ini diintip,” ujar Tatang.

Tatang mensinyalir keraguan internasional tersebut disebabkan oleh kantor KNKT yang relatif kecil. Namun ia yakin, dari segi kemampuan investigatsi, KNKT tak perlu diragukan. Pengalaman KNKT sejak 7 tahun lalu bisa dijadikan garansi. Mereka telah berpengalaman melakukan investigasi kecelakaan, baik transportasi udara, darat, laut, maupun kereta api.

Ia mengaku, karena kasus kecelakaan AirAsia, dunia internasional langsung menyorot Indonesia dan KNKT. Terbukti dari pemberitaan media asing yang terus memantau proses evakuasi peswat. Pada kesempatan itu, untuk meyakinkan pihak asing, Tatang menegaskan bahwa pihaknya mampu membuka black box tak lebih dari 24 jam. “Black box AirAsia bisa kita buka dua-duanya dalam 24 jam, dan itu bagus hasilnya,” ujar Tatang. (ril)