Faksi Desak Kapolri Copot Kabareskrim

badrodin_haiti_baru
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti
Plt Kapolri, Badrodin Haiti
Plt Kapolri, Badrodin Haiti

POJOKSATU – Forum Advokat Pengawal Konstitusi (Faksi) mendesak Plt Kapolri Komjen Badrodin Haiti berani mencopot Kabareskrim Irjen Budi Waseso dari jabatannya.

Mereka menduga Budi Waseso telah melakukan kriminalisasi terhadap Bambang Widjojanto (BW) ketika Wakil Ketua KPK nonaktif itu masih berpraktek menjadi pengacara di persidangan sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi.

“Pertama, kami minta Kabareskrim segera dicopot,” kata koordinator Faksi, Saur Siagian didampingi rekan-rekannya sebelum bertemu Badrodin di Mabes Polri, Kamis (29/1).

Dia menilai Kabareskrim sudah melakukan pelanggaran terhadap BW sebagai seorang advokat. Saur menegaskan kalau Budi Waseso masih dipertahankan, maka itu tidak baik untuk institusi Polri.


“Kami cinta kepolisian, tapi kami tidak mau kepolisian melakukan kriminalisasi terutama terhadap kami para advokat,” katanya.

Dia menegaskan, tentu sudah menjadi tugas seorang advokat untuk memandu orang-orang yang awam dalam hukum. Sehingga, di pengadilan bekerja dengan baik.

“Apalagi beracara di MK. Jadi hakim yang mengimbau agar kuasa hukum memandu saksi memberikan keterangan yang dilihat didengar dan dialami. Dalam hal ini rekan kami (BW) sudah melakukan pekerjaan dengan baik,” ungkapnya.

Karenanya, supaya marwah Polri tetap terjaga, Saur ingin Plt Kapolri bertindak tegas. Apalagi, persoalan ini sudah membuat negara repot dan menciptakan tidak adanya kepastian hukum.

“Karena tindakan Budi Waseso sebagai Kabareskrim sedemekian rupa kriminalisasi terhadap advokat, maka setelah bertemu Plt Kapolri kami akan bertemu Propam dan Irwasum,” katanya. (boy/ril/jpnn)