Ada Pengalihan Arus Lalulintas di Bandung, Hindari Jalan Ini

POJOKSATU – Pengalihan arus lalulintas di kawasan alun-alun timur, menimbulkan titik kemacetan baru. Pasalnya, warga yang melalui kawasan ini, belum mengetahui rekayasa lalulintas di wilayah tersebut.

Berdasarkan pantauan Radar Bandung (Grup Pojoksatu.id) kemacetan di kawasan alun-alun mengular hingga ke kawasan ITC Kebon Kalapa. Padahal, biasanya kemacetan hanya sampai di Jl Kautamaan Istri.

“Ya wajar saja, masyarakat kan belum banyak yang tahu mengetahui pengalihan arus lalulintas ini,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung, EM Ricky Gustiadi, kepada wartawan, Rabu (28/1).

Pengalihan arus dilakukan mulai dari arah JL Dalem Kaum, lurus ke arah HotelSavoy Homan. Untuk mobil angkutan umum, belok di dekat Hotel Savoy Homan, sementara untuk mobil pribadi dibelokkan ke JL Kaca-kaca Wetan. Sedangkan untuk bus Damri, diarahkan ke JL Karapitan.


Sebelum ada pengalihan arus ini, kemacetan terjadi di kawasan Asia-Afrika, JL Braga, Lembong, Lengkong, bahkan sampai merdeka.

“Karenanya, lebih baik kemacetan terjadi di ruas jalan milik Kota Bandung ketimbang di ruas jalan nasional (Asia-Afrika, red),” tambah Ricky.

Pengalihan arus ini, lanjut Ricky, diberlakukan sambil disosialisasikan. Masyarakat perlahan akan tahu mengenai pengalihan arus ini. Meski demikian Ricky tidak bisa memprediksi berapa lama kemacetan akibat adanya ketidaktahuan pengguna jalan.

Sembari diberlakukannya pengalihan ini, Ricky mengatakan, akan menambah beberapa rambu, seperti rambu verboden di beberapa titik.

Sementara itu, untuk mengatasi kemungkinan banyaknya angkot yang mengetem di beberapa titik dik awaasan alun-alun ,sudah ditempatkan sejumlah petugas yang berjaga 24 jam. “Mereka (angkot) boleh menaik-turunkan penumpang, tapi kalau ngetem ya tidak boleh,” kata Ricky.  (mur/ps/one)