Mal Bandung Terbakar, Ini Penyebabnya

KEBAKARAN BIP: Sejumlah Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung melakukan proses pendinginan usai terjadi kebakaran salah satu toko di Mall Bandung Indah Plaza, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu (28/1)Foto Radar Bandung/Pojoksatu.id.
KEBAKARAN BIP: Sejumlah Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung melakukan proses pendinginan usai terjadi kebakaran salah satu toko di Mall Bandung Indah Plaza, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu  (28/1)Foto Radar Bandung/Pojoksatu.id.
KEBAKARAN BIP: Sejumlah Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung melakukan proses pendinginan usai terjadi kebakaran salah satu toko di Mall Bandung Indah Plaza, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu (28/1)Foto Radar Bandung/Pojoksatu.id.

POJOKSATU – Pusat perbelanjaan berlantai empat, Bandung Indah Plaza (BIP) terbakar, Rabu (28/1/2015). Kebakaran terjadi di lantai dua.

Menurut saksi mata Yulia (20), karyawati toko, kebakaran di BIP terjadi di toko tas dan sepatu di samping toko tempat dirinya bekerja. “Api mah ada dikit, asap semua sih,” ucapnya.

Sama halnya dengan Yulia, petugas keamanan BIP, B Andhika membenarkan adanya percikan api di toko yang berada pada lantai dua BIP. Namun menurut dirinya percikan api yang ada di toko tas tersebut tidak terlalu besar.

“Percikan api sedikit di lantai 2, merambat ke dinding. Percikan muncul sekira pukul 11.30,” ujar dia.


Sementara itu marketing communication BIP Andri Wibowo menyatakan percikan api dapat dikuasi oleh tim evakuasi dari BIP sendiri 10 menit setelah pertama kali muncul percikan api. “Sudah dicek lagi, sudah dinyatakan aman untuk titik itu,” ujarnya.

Andri menambahkan untuk kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran itu, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah kerugian yang diderita oleh pihak mall. Dan juga pihak BIP belum memastikan penyebab kebakaran terjadi.

“Kerugian kita belum tau. Dugaan pun belum kita pastikan karena apa. Yang jelas hanya satu toko dan api muncul dari atap kemungkinannya,” tegasnya.

Sementara itu, Andri menambahkan aktivitas di mall BIP sudah dibuka kembali pukul 13.30 WIB.  Dan Semua toko sudah beraktivitas kembali. “Listrik sudah normal. Gak ada yang libur. Asap tinggal di tenant yang tadi kebakaran,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengapresiasi kinerja tim evakuasi dari mall BIP yang bergerak cepat menangani kebakaran. “Langkah yang sudah dilakukan manajeman sudah baik. Ini patut dicontoh praktisi usaha lainnya,” kata Ferdi.

Karena api sudah berhasil ditaklukan oleh tim evakuasi mall BIP, pihak Damkar hanya melakukan pendinginan dan juga memastikan ada atau tidak adanya lagi titik api di toko yang terbakar.

Meski sudah padam, Ferdi pun mengingatkan kepada pihak manajemen untuk selalu waspada dengan kemungkinan timbul titik api lainnya. “Kita pastikan melalui alat ukur masih menyimpan panas atau tidak. Dipastikan api mati tidak lebih 10 menit oleh tim evakuasi internal BIP, kita (damkar) lakukan pendinginan 5 menit,” ujarnya.

Ferdi sendiri menyebut penyebab kebakaran di mall yang terletak di perkotaan terindikasi arus pendek listrik dari pendingin ruangan di toko tas tersebut. “Pihak penyidik sedang lakukan penyelidikan tapi terindikasi aliran listrik,” sebutnya. (cr4/radar bandung/ps/one)