Jelang Unas, Siswa Dihypnoterapy

siswa di hypnoterapy. dok: Radar Bogor
siswa di hypnoterapy. dok: Radar Bogor/Anggi

POJOKSATU – Ujian Nasional (Unas) masih menjadi momok yang menakutkan bagi pelajar. Padahal, jika siswa merasa takut, hal itu malah akan menjatuhkan hasil nilai Unas.

Menghindari hal tersebut, SD Semen Cibinong Dompet Dhuafa punya cara unik agar siswa-siswinya siap menjalani Unas. Sabtu (24/1) lalu, sekolah ini melakukan hypnoterapy bagi siswa-siswi kelas 6.

Hypnotherapy yang dilakukan pembicara dari Bandung ini, bukan untuk mengajarkan sesuatu yang sesat. Disampaikan sang motivator, Leina Dewi Maghdalena, hypnotherapy yang dilakukan semata-amat agar siswa siswa-siswi siap menjalani Unas. “Hypnotherapy ini sebagai motivasi agar siswa-siswi semangat dan meminta petunjuk Allah SWT,” ungkapnya.

Therapy yang diberikan sama seperti pemberian motivasi pada umumnya, namun yang berbeda adalah cara penyampaiannya pada pelajar SD. “Dalam therapy ini saya ajarkan bagaiman jika seseorang meminta petunjuk dan memohon pada Allah, akan terwujud jika yang meminta pun sungguh-sungguh,” ujar Leina pada Radar Bogor.


Banyak persiapan yang harus dijalani siswa menjelang Unas. Tidak hanya menyiapkan materi pembelajaran yang akan diujiankan, menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SD Semen Cibinong Dompet Dhuafa Hagia Rizki Ananda, kegiatan pemberian motivasi rutin dilakukan pihak sekolah setiap menjelang Unas.

“Selain persiapan materi, yang terpenting bagi siswa-siswi menjelang Unas  yaitu mental, karena banyak sekali cerita negatif yang didapatkan siswa-siswi perihal Unas,” katanya saat diwawancara. Dia juga menyampaikan bahwa setelah ikut therapy ini biasanya siswa-siswi lebih siap menghadapi Unas. (rp10/b)