Jakarta Ternyata Kota Paling Tidak Aman di Dunia

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat

POJOKSATU – Hasil riset The Economist Intelligence Unit dalam penelitian bertajuk “EIU Safe Cities Index 2015” menempatkan Kota Jakarta di peringkat terakhir dari 50 kota besar di dunia dalam hal keamanan. ‎

Dari hasil riset EIU, Jakarta menjadi kota paling tidak aman sejagat ‎dengan skor 53,71. Nilai kota Jakarta sangat jauh dibandingkan Tokyo yang berada di puncak dengan nilai 85,63.‎

Ketika dikonfirmasi, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyatakan, pasti ada tindak kriminal yang terjadi di suatu kota. “Tunjukkan pada saya satu kota di dunia itu yang betul-betul zero crime. Hampir tidak ada,” kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Rabu (28/1).

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Heru Pranoto ‎tidak terlalu setuju dengan hasil riset tersebut. “Kalau dibilang tidak aman ya tidak juga. Kalian jalan malam juga masih aman,” ucap Heru.


M‎eski demikian, Heru tidak memungkiri kejahatan dengan menggunakan senjata api dan senjata tajam agak meningkat pada 31 Desember-27 Januari. Dia mengatakan ada sepuluh kejahatan yang terjadi pada rentang itu.

“Dari sepuluh kejahatan, kami ungkap tujuh kejadian. Masih ada tiga kasus. Kita upayakan semaksimal mungkin ditangkap,” tegas Heru. (gil/jpnn/one)