Mantan Gubernur PITK Nilai Serangan ke KPK Sistematis

Mantan GUbernur PTIK, Farouk Muhammad
Mantan GUbernur PTIK, Farouk Muhammad
Mantan GUbernur PTIK, Farouk Muhammad

POJOKSATU – Mantan Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PITK) Farouk Muhammad menilai serangkaian serangan ke pimpinan KPK dilakukan secara sistematis. Bahkan dia mengindikasikan ada kepentingan politik yang menunggangi pemelahan lembaga pemberantasan korupsi ini.

“Sudah sistematis. Itu kan dihantam semua. KPK jadi lumpuh, gak bisa apa-apa lagi,” kata Farouk di gedung parlemen, Jakarta, Selasa (27/1).

Farouk menduga bisa saja orang-orang yang melaporkan pimpinan KPK ini ke polisi adalah orang-orang yang memang diincar oleh lembaga antirasuah itu. Namun Farouk juga curiga bahwa laporan secara beruntun itu salah satunya berlatar belakang kepentingan politik.

Serangan ke KPK sendiri terjadi pasca penetapan calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan sebagai tersangka di KPK. Nah, inilah yang dijadikan orang-orang tertentu sebagai momentum menyerang KPK, termasuk dengan mengganti Kepala Bareskrim Polri yang memang konsen mengurusi masalah kriminal.


Farouk juga menduga orang-orang yang ada di belakang serangan ke KPK adalah kelompok yang ingin kongkalikong dengan KPK tapi tidak bisa. Atau orang-orang yang potensial dijerat KPK tapi tidak bisa melakukan apa-apa lagi.

“Mendingan ke polri dan kejaksaan yang masih bisa (dimainkan). Lalu melemahkan KPK-nya,” sebut Wakil Ketua DPD RI ini. (fat/jpnn/ps)