Komnas HAM Segera Panggil Bareskrim Hari Kamis

Komisioner Komnas HAM, Nur Kholis
Komisioner Komnas HAM, Nur Kholis
Komisioner Komnas HAM, Nur Kholisipanggil

POJOKSATU – Komnas Ham bergerak cepat menindaklanjuti dugaan kriminalisasi oleh Bareskrim Polri kepada Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Tim penyelidik yang dibentuk Komnas HAM dalam waktu dekat akan memanggil pihak-pihak terkait.

Komisioner Komnas HAM yang memimpin langsung tim penyelidik, Nur Kholis mengatakan, salah satu yang akan dipanggil pihaknya adalah Kabareskrim Irjen Budi Waseso.

“Kamis kita panggil Irjen Pol Budi Waseso (Kabareskrim),” kata nur Kholis kepada wartawan saat konfrensi pers di kantor komnas HAM, Jakarta, Selasa (27/1).

Menurutnya, tim akan menyelidiki apakah aparat Bareskrim melakukan abuse of power saat menangkap Bambang di Depok, Jumat (23/1) lalu. Jika ditemukan bukti, maka Komnas HAM akan menindaklanjuti sesuai UU 39 tahun 1999 tentang penegakan HAM. Ia menargetkan tim akan menyelesaikan kerjanya dalam waktu tujuh hari.


Selain Budi Waseso, lanjut Nur Kholis, tim juga akan melakukan pemanggilan terhadap Bupati Kota Waringin Barat, Ujang Iskandar. Mereka pun akan melakukan koordinasi dengan tim independen yang dibentuk Presiden Joko Widodo.

“Kamis, kami mau undang juga mantan Wakapolri Komjen Pol (purn) Oergoeseno, mantan Ketua MK Jimly Asshidiqi dan Syafii Maarif,” tutup Nur Kholis. (dil/jpnn/sp)