Vivi Ganti Nama Jadi Rahmat

-lawu-foto-kalamin-ber

Pasca menjalani operasi tahap pertama restrukturisasi penis di RSUD dr Soeroto Ngawi, keluarga Silviana Putri Damayanti akan disibukkan dengan  pengurusan administrasi kependudukan. Mulai akta kelahiran, kartu keluarga (KK), ijazah SD, dan daftar ulang untuk keperluan data administrasi sekolahnya sekarang di SMPN 3 Ngawi.

’’Status dan namanya sudah ganti. Jadi, harus diurus ulang,’’ ujar Siti Nurjanah, bibi Vivi alias Rahmat.

Keluarga sudah memutuskan nama baru Vivi adalah Rahmat Nur Hidayat. Jenis kelamin sudah pasti berganti laki-laki. Dia menyebut, perubahan jenis kelamin itu dilakukan setelah Vivi alias Rahmat dinyatakan memiliki kelainan yang dalam istilah medis disebut hipospadia. Itu dikarenakan lubang kencingnya berada di antara skortum, bukan di ujung alat kelaminnya.


’’Karena sudah pasti statusnya laki-laki, ya kami urus mulai akta kelahiran, KK, dan ijazah. Karena ini menyangkut masa
depannya dan identitas barunya,’’ jelasnya.

Remaja 14 tahun asal Desa Grudo, Kecamatan/Kabupaten Ngawi, sudah dua kali lagi menjalani operasi restrukturisasi penis. Operasi tahap pertama sukses dilaksanakan Selasa (20/1) di RSUD dr Soeroto. (Baca: Siswi SMP Sukses Operasi Jadi Pria)

Untuk sementara, keluarga masih berfokus pada kesembuhan Rahmat pascaoperasi tahap pertama. ’’Ibunya yang kerja di Surabaya
juga izin ke pabriknya demi merawat Rahmat,’’ ujarnya.

Siti menambahkan, keluarga langsung berkoordinasi dengan pihak sekolah. Sebab, yang mendorong agar ada perubahan status itu
justru berasal dari pihak sekolah.

Keluarga tentu berterima kasih atas saran dan masukan pihak sekolah. Karena itu, mereka sepatutnya juga meminta masukan terkait dengan proses selanjutnya setelah ganti status. ’’Pak Munir (kepala SMPN 3 Ngawi, Red) itu yang menjalin kerja sama dengan dinkes membantu Rahmat. Termasuk, yang memfasilitasi kebutuhan selama operasi sampai sekarang juga sekolah,’’ ujarnya.

Siti menuturkan, dalam waktu dekat, perwakilan keluarga datang ke sekolah. Selanjutnya, mereka akan berkonsultasi dengan Pemerintah Desa Grudo. Pihak desa, kata dia, sudah mengetahui adanya perubahan jenis kelamin itu. (jpnn)