Tak Berdaya, Joko Widodo Sedang Sendirian

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

POJOKSATU – Joko Widodo (Jokowi) saat ini sedang sendirian. Jokowi tidak memiliki kuasa meskipun dia menjabat sebagai presiden.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Cyrus Network, Hasan Nasbi Batupahat dalam diskusi ‘Ada Apa dengan Jokowi? Menyoroti kegamangan Jokowi dalam kasus Polri vs KPK’ di kawasan Sabang, Jakarta Pusat (Minggu, 25/1).

Seharusnya menurut Hasan, seorang presiden selain memiliki jabatan sebagai kepala kepala negara, ia harus punya kontrol terhadap jabatannya. Tapi, dalam menentukan Kapolri saja, Jokowi terlihat sudah tak bisa mengontrol wewenangnya.

“Kalau bagus kontrolnya, tentu Jokowi nggak akan mengajukan Komjen Budi Gunawan sebelum ada surat resmi dari Kompolnas. Jokowi saat ini sedang sendirian, kalau tidak ngapain dia pura-pura periksa gigi ke Balaikota beberapa waktu lalu, dan itu dilakukan lebih dari sekali. Ada penasehatnya di sana?” tanya Hasan.


Menurut dia, saat ini Jokowi tak berdaya dalam menjalankan pemerintahannya. Banyaknya tekanan partai politik pendukungnya dan sekelilingnya, membuat dia harus berbenturan dengan masyarakat yang memilih dia. Hal ini terjadi karena dia tak memiliki kekuatan politik apapun.

“Di Istana, Jokowi sendirian, dia nggak ada support apa-apa,” sebutnya.

Ditambah Hasan, di kabinet para menterinya bisa leluasa bicara seenaknya seperti Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno. “Kalau Tedjo bilang rakyat nggak jelas itu rakyat yang memilih Jokowi, mau bilang pilih presiden nggak jelas?” ujar Hasan.

Terakhir menurut pengamatannya, hal tersebut bisa terjadi karena Jokowi terlambat memberikan batasan pada partai pendukungnya sejauh mana mereka bisa mengintervensi pemerintahannya. “Mereka boleh memberikan saran, tetapi keputusan ada di tangan Jokowi,” demikian Hasan. (rmol/rus/ps)