Siswi SMP Sukses Operasi Jadi Pria

-lawu-foto-kalamin-ber
LAKI-LAKI: Status Vivi alias Rahmat sudah menjadi laki-laki. Keluarga segera mengurus akta kelahiran dan kartu pelajar dengan status baru. (Loditya Fernandez/Radar Lawu)

Vivi sejatinya laki-laki. Namun, memiliki kelamin perempuan. Akhirnya, pemilik nama lengkap Silviana Putri Damayanti ini dioperasi agar memiliki penis. Operasi remaja 14 tahun ini pun sukses.

Namun, dari sisi medis, Vivi alias Rahmat harus bersabar untuk menjadi laki-laki secara sempurna. Sebab, remaja 14 tahun asal Desa Grudo, Kecamatan/Kabupaten Ngawi, tersebut harus dua kali lagi menjalani operasi restrukturisasi penis. Operasi tahap pertama sukses dilaksanakan Selasa (20/1) di RSUD dr Soeroto.

’’Kami optimistis berhasil dalam waktu enam bulan. Ada tiga tahapan untuk sempurna seperti bentuk kelamin laki-laki,’’ jelas dr Aji Hidayat Sp BA, salah seorang dokter spesialis bedah anak di tim yang menangani operasi Vivi alias Rahmat.

Aji menambahkan, secara medis, Vivi alias Rahmat memang condong ke laki-laki. Sebab, dia mendapati tanda-tanda sekunder terhadap remaja 14 tahun tersebut. Justru, tanda-tanda sekunder perempuan tidak ditemukan. Salah satunya, masa menstruasi. Meski begitu, dia memuji kondisi psikologis pasiennya itu yang terlihat tegar dan bersemangat.


’’Secara klinisnya, lebih condong ke laki-laki. Orang awam melihat dia laki-laki, bukan perempuan,’’ ungkapnya.

Dijelaskan, bentuk alat kelaminnya melengkung karena ada jeratan sehingga cenderung terlihat seperti alat kelamin perempuan saat bayi. Di usia 14 tahun, Vivi menjalani operasi tahap pertama pembentukan penis hingga sempurna di RSUD dr Soeroto Ngawi pada 20 Januari 2015. (odi/ota/JPNN/c19/bh)

Baca Juga:

Vivi Ganti Nama Jadi Rahmat