Meme Tedjo Ramaikan 94.000 Tweet

Meme Tedjo
Meme Tedjo
Meme Tedjo

POJOKSATU – Pernyataan kontroversial Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdijatno, menjadi perbincangan Netizen. Tedjo menjadi buah bibir publik tiga hari terakhir ini karena menuding rakyat yang memberikan dukungan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai “rakyat yang tidak jelas”.

Pernyataan tersebut juga Netizen membuat sejumlah meme hingga bertebaran dan di dunia maya. Netizen menyebut kata “Tedjo” sebagai kata ganti untuk “tidak jelas”.

Selain itu, kata “Tedjo” menjadi salah satu topik terpopuler di Twitter. Selama 3 hari terakhir, kata “Tedjo” telah dipakai lebih dari 94.000 tweet.

Salah satu pengguna media sosial, Metta Dharmasaputra, melalui @metta_ds menuliskan, “Menteri Tedjo, sebagai rakyat yang gak jelas, saya bayar pajak untuk gaji Anda dan memilih Presiden Jokowi yang mengangkat Anda.”


Budayawan Sujiwo Tejo tak mau ketinggal. Sujiwo Tejo lewat akun @sudjiwotejo mengatakan “Gajah di seberang lautan jelas, rakyat di pelupuk mata tak jelas..”

KPK sempat merespon pernyataan mantan Kepala Staf TNI AL 2008-2009 lewat Deputi Pencegahan KPK, Johan Budi SP. “Biar publik yang menilai apakah pantas Menkopolhukam menyatakan seperti itu,” tangkis Johan.

Bahkan kata “Tedjo” pun menjadi sebuah kata kerja yang memiliki arti macam-macam. Seperti dalam akun twitter Marco Kusumawijaya, Arsitek Indonesia, yang bertuliskan “Men-tedjo atau menedjo artinya: 1) bicara ngawur 2) sok tahu 3) pengetahuan terbatas tapi rajin komentar dan bikin kisruh 4) sosok tak jelas”

Sampai sekarang pun kata “Tedjo” masih menjadi salah satu yang terpopuler di Twitter dengan arti “tidak jelas”. (cr2)