Rambut Nabi Muhammad Dipamerkan di Rusia

museum-rusia-pamerkan-rambut-nabi-muhammad
Rambut Nabi Muhammad SAW

POJOKSATU – Rambut Nabi Muhammad SAW akan dipamerkan di tempat konser bergengsi, Crocus City Hall, Rusia, pekan depan. Hari ini, koleksi rambut Rasulullah Muhammad SAW diterbangkan dari Republik Dagestan ke Moskow.

Peninggalan nabi terakhir itu dipinjam sementara dari Museum Makhachkala di Negara Bagian Dagestan, dekat perbatasan Georgia untuk dipamerkan di Rusia.

Rambut nabi dibungkus dalam kapsul permanen khusus. Kapsul tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kotak kaca transparan sehingga orang dapat melihatnya dengan jelas.

Proses pengiriman rambut junjungan umat Islam ini tidak main-main. Rambut tersebut diterbangkan dari Republik Dagestan dengan jet pribadi atau pesawat penumpang biasa dengan kabin kelas pertama.


Setelah mendarat di Moskow, rambut akan dibawa ke Crocus City Hall. Dari lobi, kotak akan diboyong ke atas panggung konser. Di sana, pengunjung dapat melihat rambut bersejarah tersebut.

Tak hanya di Crocus City Hall, Departemen Agama Rusia juga menyatakan bahwa rambut itu akan dipamerkan di Masjid Jami Moskow dalam acara keagamaan.

Antusiasme umat muslim Rusia untuk menyaksikan rambut Nabi dari dekat cukup tinggi. Karena itulah, penyelenggara membatasi pengunjung dengan membayar tiket masuk.

“Kami melihat animo umat muslim Rusia menyaksikan rambut Rasullulah sangat tinggi. Sehingga pembatasan itu diperlukan,” kata Ketua Dewan Muslim Moskow Kamil Manapov.

Spesimen rambut Nabi ini merupakan benda yang diwariskan dari Kekaisaran Ottoman. Menurut cerita, rambut itu disimpan oleh tukang cukur kepercayaan Nabi bernama Salman. Spesimen rambut itu juga bisa dijumpai di Museum Topkapi di Kota Istambul, Turki.

Selain rambut, peninggalan fisik Nabi Muhammad yang lain berupa gigi, serta telapak kaki yang tercetak di Makkah, Arab Saudi. (BBC/one)