Ikan Transparan Ini Ditemukan di Lapisan Es

ikan transparan
ikan transparan

POJOKSATU – Spesies ikan yang tidak pernah terjamah manusia di benua Antartika ditemukan oleh tim peneliti dari Universitas Nebraska-Lincoln.

Spesies ikan transparan itu ditemukan di kedalaman 740 meter. Ikan itu didapat ketika para ilmuwan mengebor sebuah lubang kecil melalui Ross Ice Shelf. Belum diketahui apa nama ikan tersebut. Para peneliti masih melakukan observasi untuk menentukan spesies ikan aneh itu.

Saat pertama kali ditemukan, ikan itu tengah berenang di antara lapisan es dan dasar laut. “Saya terkejut,” ujar ahli geologi glasial dari Universitas Northern Illinois, Ross Powell, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (23/1).

“Anda mendapatkan gambaran dari daerah-daerah yang memiliki makanan yang sangat sedikit, terpencil, dan tidak mendukung banyak kehidupan,” lanjutnya


Penemuan ikan di lingkungan bersuhu minus 2 derajat celcius itu menunjukan fakta baru bahwa makhluk hidup sanggup beradaptasi di lingkungan yang ekstrim. “Sudah jelas ada komunitas tinggal di sana, tidak hanya kebetulan semata,” ujar Powell.

Tim saat ini sedang menganalisis ikan itu untuk mengidentifikasi spesiesnya. “Saya telah menyelidiki jenis lingkungan untuk sebagian besar karir saya, dan meskipun saya tahu itu akan sulit, saya telah lama ingin mengakses sistem ini selama bertahun-tahun demi kepentingan ilmiah,” kata Powell. (one)