Bekasi Siagakan 38 Pompa Sedot Banjir

Warga menyedot banjir dengan menggunakan pompa
Warga menyedot banjir dengan menggunakan pompa
Warga menyedot banjir dengan menggunakan pompa

POJOKSATU – Memasuki puncak musim hujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyiagakan 38 unit Pompa di lokasi rawan banjir.

“Pompa itu berlokasi di Rawa Tembaga Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan dengan kapasitas 1.500 liter per detik, dan dua pompa tambahan dengan kapasitas 250 liter per detik di Perumahan Villa Kartini, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur.” ujar Kabid Tata Air dan Dinas Bina Marga Kota Bekasi, Dicky Iriawan, kepada Gobekasi, Minggu (25/1).

Selain itu, sejumlah pompa juga ditempatkan di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Perumahan Kemang IFI, Perumahan Pondok Mitra Lestari, Perumahan Villa Nusa Indah, Perumahan Bumi Nasio dan Komplek Dosen IKIP.

Dicky menambahkan, pompa-pompa tersebut sudah terpasang di masing-masing kawasan rawan banjir dan siap digunakan saat banjir datang.


“Pompa itu akan bermanfaat mengurangi debit air di lokasi banjir dengan memindahkannya ke aliran sungai atau pun saluran air.” pungkasnya.

Seperti diketahui, Kota Bekasi memiliki kontur tanahnya sangat landai dan banyak dilewati sungai besar yang mengalir dari kawasan Bogor Jawa Barat. Hal itu membuat Kota Bekasi menjadi rawan banjir, terutama di Pondok Gede dan Jatiasih. (van/ps)