10 Jam Konsolidasi PDIP, Tjahjo : Kami tak Bahas KPK

Mendagri Tjahjo Kumolo
Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo

POJOKSATU – Sejumlah menteri Kabinet Kerja dan kader PDIP melakukan pertemuan di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Sabtu (24/1). Rapat dadakan itu berlangsung cukup lama, mulai pukul 10.00 hingga menjelang pukul 21.00.

Berdasar pantauan Jawa Pos, satu per satu mobil dinas menteri berdatangan di depan rumah ketua umum PDIP itu sejak pagi. Beberapa anggota kabinet yang juga politikus PDIP terlihat. Salah seorang di antaranya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Dia datang dengan menggunakan mobil Toyota Royal Saloon B 1126 RFY.

Setelah itu, rombongan menteri lain mulai berdatangan. Antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang mengendarai Toyota Innova putih bernopol B 1 TKL.


Selain menteri Kabinet Kerja, rapat itu juga dihadiri kader PDIP. Antara lain Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Wasekjen Ahmad Basarah, dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo. Sayang, rapat tersebut tertutup. Ruang gerak wartawan yang meliput pun dibatasi, yakni hanya di depan pos penjagaan.

Tepat pukul 20.00, Tjahjo keluar dari rumah Mega. Mengenakan kemeja berlengan panjang dengan aksen garis-garis warna merah, dia meladeni pertanyaan wartawan sebelum bergegas pulang. Mantan Sekjen PDIP itu menjelaskan, pertemuan tersebut bukan rapat serius. Dia dan beberapa kader PDIP hanya ngobrol santai dengan Mega.

”Hanya mengisi waktu kosong. Nemenin Ibu minum kopi dan kelapa muda serta makan durian. Itu aja,” jelasnya.

Menurut Tjahjo, pertemuan itu hanya membahas persoalan internal partai. Misalnya persiapan kongres. ”Ya, internal partai dari A sampai Z. Kan ini juga bertepatan dengan ulang tahun Ibu Mega. Jadi, kami ngobrol-ngobrol santai. Kami nggak bahas KPK. Ini kan malam Minggu. Waktu santai,” ucapnya. (aph/c11/kim)