Pohon Tua Kebun Raya Bogor Ditebang

Petugas Kebun Raya Bogor sibuk memangkas dahan pohon
Petugas Kebun Raya Bogor sibuk memangkas dahan pohon
Petugas Kebun Raya Bogor sibuk memangkas dahan pohon

POJOKSATU – Insiden pohon tumbang yang menewaskan 7 orang pada Minggu (11/01/2015), membuat pengelola Kebun Raya Bogor (KRB) super waspada. Pihak KBR mulai melakukan pengecekan rutin di setiap pohon yang dianggap rawan tumbang.

Pengecekan pohon itu dilakukan untuk menghindari kerjadian serupa terulang kembali. Selain rutin melakukan pengecekan, KRB juga telah memangkas dahan-dahan pohon yang terlihat tua dan membahayakan pengunjung. Pembenahan ini dilakukan di seluruh areal KRB demi melindungi para pengunjung dari kecelakaan maut.

“Kami bertugas dari pagi sampai malam mengecek pohon yang dianggap membahayakan pengunjung,” ujar salah satu petugas yang sibuk memotong dahan pohon di KRB, Sabtu (24/1/2015).

Sementara itu, beberapa pengunjung yang ditemui wartawan Pojoksatu.id mengapresiasi langkah KRB yang rutin memeriksa pohon. “Pemeliharaan rutin setiap bulan harus dilakukan. Pokoknya harus ada tindakan inisiatif untuk apapun itu, bukan menunggu ada sesuatu yang terjadi dulu, baru bertindak,” papar Fadlian (22), salah satu pengunjung KRB. (cr2)