“Samad Tak Layak Lagi Memimpin KPK”

Abraham Samad
Abraham Samad
Abraham Samad

POJOKSATU – Terungkapnya pertemuan antara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad dengan petinggi PDI Perjuangan dan Partai Nasdem menjelang Pilpres 2014 lalu sebagaimana disampaikan Hasto Kristiyanto menjadi pintu masuk bagi publik untuk menilai KPK selama ini, terutama dalam konteks kasus Budi Gunawan.

“Samad yang selama ini terkesan teguh dalam penegakan hukum, justru sebaliknya adalah seorang politisi. Politisi yang berjubah penegak hukum,” kata Direktur Eksekutif Point Indonesia, Karel Susetyo, dalam keterangan beberapa saat lalu (Kamis, 22/1).

Menurut Karel, dengan kenyataan seperti ini maka keputusan KPK dalam menjalankan tugasnya melakukan pemberantasan korupsi jelas tercemar oleh kepentingan politik sang ketua.

“Sudah sepantasnya pemerintah dan DPR meminta pertanggungjawaban dari Samad agar mengundurkan diri dari KPK,” ujarnya.


Dalam pandangan Karel, pertanggungjawaban tersebut penting karena tindakan politiknya yang bertemu parpol dalam rangka lobi untuk menjadi cawapres Jokowi ketika itu merupakan tindakan yang berada di luar kewenangannya. Dan pada sisi lain tindakan ini mencermakan kehormatan institusi KPK.

“Samad tak layak lagi memimpin KPK,” demikian Karel. (ysa/rmol)