Delapan Pengembang Bantu Bangun LRT

Light Rail Transit (kereta api ringan)
Light Rail Transit (kereta api ringan)
Light Rail Transit (kereta api ringan)

POJOKSATU – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta rencananya akan membangun Light Rail Transit (kereta api ringan) di sejumlah titik di Jakarta. Rencana tersebut tampaknya akan segera terwujud karena hari ini delapan pengembang hadir di Balaikota DKI untuk membahas kelanjutan proyek tersebut bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

“Makanya kita kumpulkan mereka. Kira-kira rute mana yang akan kita lewatin dan mereka semua setuju, tanggapannya bagus. Ya udah, kita seneng aja udah,” ujar pria yang akrab disapa Ahok ini di Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (22/1).

Kata Ahok, ia sudah menyampaikan seluruh rencana pembangunan LRT kepada para pengembang tersebut. Ia mengingatkan mereka bila LRT ini untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games tahun 2018 mendatang. Pengembang ini diwajibkan mematuhi kewajiban koefisien luas bangunan (KLB) yang ditentukan Pemprov DKI.

Delapan pengembang yang diundang oleh Ahok ke Balaikota DKI hari ini adalah Agung Sedayu Group, Agung Podomoro, JIExpo, PT Intiland, Lippo Group, Panin Group, Summarecon, dan Pakuwon Group. Serta 2 BUMD DKI yakni PT Pembangunan Jaya Ancol dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).


Ia menjelaskan bila tanggal 30 Januari mendatang pertemuannya dengan para pengembang ini kembali akan dilaksanakan. Saat itu pembahasan mengenai bentuk kerja sama secara teknis dan pembiayaan akan dibahas. Yang pasti, target pembangunan LRT maksimal 3 tahun. Dan pembangunan infrastruktur akan dibebankan kepada pengembang. Sementara pengelolaannya berada di bawah kendali BUMD DKI. (sim/jkt/arp)