Mesin Pembaca KTP Elektronik Permudah Pelayanan Publik

ktp_baca
KTP Elektronik

POJOKSATU – PT Len Industri (Persero) menciptakan mesin Pembaca KTP-el (Pembaca Kartu Tanda Penduduk Elektronik). Alat pembaca ini sengaja diciptakan untuk pendukung peningkatan pelayanan publik melalui penggunaan KTP-el lewat e-KTP.

“Ini merupakan sejarah karena dengan berhasilnya diciptakan KTP-el, membuktikan bahwa projek untuk elektronik KTP sudah berhasil dikuasai oleh anak negeri,” ujar CEO PT Len Industri, Abraham Mose di gedung BPPT, Selasa (20/1).

Abraham menjelaskan, nantinya alat tanda pembaca KTP-el nantinya akan mempermudah merupakan kartu identitas bagi setiap warga negara Indonesia. Dengan menggunakan tekhnologi smart card dan biometrik sehingga dapat menjamin keunggulan identitas pemegangnya.

“Alat pembaca KTP-el, adalah untuk membaca dan memverifikasi data pribadi penduduk yang tersimpan dalam chip KTP-el. Artinya, dengan KTP-el dapat dibaca dan terverifikasi sehingga KTP-el dapat dipergunakan sebagaimana mestinya,” papar Abraham.


Ia menambahkan, KTP-el sudah dilengkapi dengan rekaman sidik jari, dan hal itu baru terjadi di Indonesia. KTP-el sendiri sudah di produksi sejak 2011, untuk mengganti program E-KTP yang sudah tidak diproduksi.

“Di China produk tersebut ada namun belum menggunakan teknologi rekaman sidik jari,” ujarnya.

KTP-el sendiri banyak sekali manfaatnya. Salah satunya menghindari pemalsuan KTP dan meningkatkan keamanan negara. (awa/jpnn/ps)