Ledakan Misterius Itu Adalah…

POJOKSATU – Kepala Pengdam TNI AU Lanud Hasanuddin, Letkol Andi Arman memastikan ledakan dan getaran misterius yang dirasakan warga Kota Makassar dan sekitarnya tadi pagi akibat manuver anggota TNI AU yang sedang latihan menggunakan pesawat Sukhoi.

Menurutnya dentuman yang muncul itu adalah Sonicboom yang muncul apabila Sukhoi meningkatkan kecepatan kepada tahap yang paling tinggi. “Itu sebenarnya sudah biasa, tapi mungkin belum terbiasa di telinga warga Kota Makassar,” ujar Andi Arman, Selasa (20/1) siang.

Ia juga mengatakan, jika warga Kota Makassar-lah yang paling merasakan dentuman keras itu karena tepat di atas pemukiman warga, Sukhoi itu latihan penerbangan dan mengeluarkan Sonicboom.

“Wajar kalau Makassar paling merasakan, karena tepat di atas pemukiman warga Sukhoi latihan,” tutupnya.


Sebelumnya warga Kota Makassar dan sekitarnya dihebohkan dengan suara ledakan yang terdengar bergemuruh, tadi pagi sekitar pukul 09.30 Wita. Ledakan itu disertai getaran mirip gempa bumi. Namun hanya berlangsung sekejap, kurang dari sedetik.

Warga Makassar utamanya di wilayah selatan dan utara cukup merasakan ledakan ini. Banyak yang mengupdate status di media sosial ataupun personal message di BBM dan lainnya.

Warga menduga-duga. Ada yang mengira gempa, ledakan tabung gas hingga mengira pesawat jatuh.

“Suara gemuruhnya terdengar jelas. Gempa kah..?” tulis Awan di status BBM-nya.

“Pesawat TNI AU kagetkan lagi warga di Makassar” tuding Agung Maupa juga di status BBnya. Maklum, beberapa waktu lalu ketika TNI AU melakukan manuver pesawat Sukhoi di udara mengakibatkan suara serupa ledakan.(ure/fat/ps)