Waka DPR : Pengangkatan Plt Kapolri Salahi Aturan

Badrodin Haiti
Badrodin Haiti

POJOKSATU – Pengangkatan Komjen Badrodin Haiti sebagai Plt Kapolri ditentang Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Fadli menyebut, pengangkatan tersebut menyalahi aturan karena tidak meminta persetujuan DPR lebih dulu.

“Kalau memang betul Plt, maka itu salahi prosedur karena Plt itu harus melalui persetujuan DPR,” ujar Fadli usai menghadiri pelantikan Wantimpres di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (19/1).

Kata Fadli, berdasarkan UU 2/2002 tentang Kepolisian disebutkan dengan jelas, pengangkatan Plt harus melalui DPR. “Pasal 11 ayat 5 dengan jelas menyebutkan, kalau melantik Plt, harus melalui persetujuan DPR,” ucapnya.

Makanya, sebelum melantik, Presiden harus memberi tahu DPR lebih dahulu. Dari situ, DPR akan menjalankan proses politik untuk menyetujui atau tidak usulan Presiden. Jika DPR sudah setuju, baru presiden boleh melantik.


“Tapi ini tidak ada pemberitahuan. Surat tidak ada, secara lisan juga tidak,” ucapnya.

Namun begitu, Fadli tidak berprasangka buruk dulu. Sebab, belum ada penjelasan juga Badrodin dilantik sebagai Plt atau hanya ditugasi untuk menjalankan tugas Kapolri.(rmol/wid/ps]