Naskah UN Sulsel Mulai Cetak 11 Februari

Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

POJOKSATU – Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan mulai menyiapkan naskah ujian nasional 2015. Meski pelaksanaan UN masih sekitar tiga bulan lagi, namun Disdik Sulsel bergerak cepat agar keterlambatan soal seperti yang terjadi tahun lalu, tidak terulang lagi.

Pelaksana Tugas Kepala Disdik Sulsel, Salam Soba mengatakan pihaknya sudah melaksanakan proses tender pengadaan naskah UN untuk wilayah Sulsel. Tender ini diikuti sekitar 20 peserta dan pemenangnya akan diumumkan 26 Januari mendatang. “Tahun ini percetakan tidak lagi di pusat. Jadi bisa kita persiapkan lebih cepat,” kata Salam di Makassar, Senin (19/1).

Setelah pengumuman dilanjutkan pemenuhan kelengkapan dokumen. Sesuai agenda, percetakan naskah UN dimulai pada 11 Februari, sementara 11 April semua dokumen UN sudah berada di kabupaten kota untuk persiapaan UN pada 13 April.

“Untuk anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat, saya belum tahu pasti. Kami hanya bertindak selaku fasilitator dari kementerian pendidikan,“ ujarnya.


Sebelumnya pemerintah mengambil kebijakan mencetak naskah UN di provinsi. Hal itu bertujuan untuk menghindari dan mengantisipasi adanya keterlambatan naskah soal, karena pada tahun sebelumnya keterlambatan naskah UN menjadi masalah serius yang mengganggu jalannya UN.(ure/fat/ps)