PDIP Ngotot Ingin Budi Jadi Kapolri

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menunda pelantikan Komjenpol Budi Gunawan sebagai Kapolri. Seharusnya ini dapat segera dilakukan. Terlebih setelah dilakukan fit and proper test oleh Komisi III DPR‎.

Ketua DPP PDIP bidang hukum Trimedya Panjaitan mengaku kecewa atas ditundanya pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Pasalnya, PDIP sudah berusaha keras untuk mendudukkan Kalemdikpol itu di kursi nomor satu Polri.

“Kami kecewa dengan penundaan karena kita sudah kawal di DPR. Saya juga ikut kawal Budi Gunawan sampai malam di Istana. Kami mau dia dilantik, tapi hanya menyaksikan pelantikan Plt Kapolri,” kata Trimedya di Jakarta, Minggu (18/1).

Menurutnya, melantik Budi Gunawan menciptakan kepastian status kepemimpinan di Polri. Selain itu, juga menjadi penghormatan atas kerja DPR yang telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Budi Gunawan atas permintaan Presiden.


Trimedia mengaku paham dilema yang dihadapi Presiden, mengingat Budi sekarang telah berstatus tersangka kasus korupsi. Namun, PDIP tetap berpendapat bahwa pelantikan adalah jalan terbaik.

“Menurut kami baiknya dilantik dulu. Setelah dilantik 1×24 jam, terserah presiden mau langsung berhentikan atau gimana,” kata Trimedia.(dil/jpnn/ps)