Malaysia Kirim Banjir, 4 Desa Tenggelam di Nunukan

Ilustrasi
Salah satu desa di Nunukan tenggelam akibat banjir kiriman dari Malaysia
Salah satu desa di Nunukan tenggelam akibat banjir kiriman dari Malaysia

POJOKSATU – Banjir kiriman dari Malaysia menyebabkan empat desa di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, tenggelam. Banjir tersebut bersumber dari Sungai Sembakung yang muaranya berada di wilayah Malaysia.

Sungai tersebut meluap sejak tiga hari lalu. Air semakin naik hingga sepinggang orang dewasa. Sungai tersebut sering meluap tiba-tiba. Kendati ketinggian banjir mencapai satu meter, warga setempat belum mengungsi dan masih bertahan di rumah masing-masing. Mereka hanya mengamankan kendaraannya ke lokasi yang lebih tinggi.

Warga Desa Tahul, Syamsuddin Amir (35) mengatakan, empat desa yang dilanda banjir yakni Desa Atap, Tagul, Lubakan dan Bungkul dengan jumlah rumah yang telah tergenang diperkirakan mencapai ratusan unit serta sejumlah fasilitas umumnya lainnya seperti sekolah dan perkantoran

Syamsuddin mengatakan, banjir yang telah seringkali melanda daerah itu terjadi akibat hujan deras di wilayah Malaysia. Ia mengatakan, banjir yang terjadi sejak tiga hari lalu kondisinya semakin tinggi hingga mencapai lantai rumah warga tetapi belum ada peringatan dari pemerintah setempat untuk mengungsi. “Masyarakat masih tenang-tenang di rumahnya meskipun air sudah mencapai lantai rumahnya,” tutur Syamsuddin. (one)