Ini Bahaya di Balik Nyamanya Sepatu Flat

ilustrasi. foto: istimewa
ilustrasi. foto: istimewa
ilustrasi. foto: istimewa

POJOKSATU – Ingin menghindari bahaya dari sepatu high heels, para wanita umumnya beralih ke sepatu datar atau flat shoes. Namun tahukah ladies, dibalik kenyamanan menggunakan sepatu datar, jika sering digunakan ternyata menyimpang bahaya yang mengancam.

Ternyata ladies, bahaya yang bisa disebabkan dari flat shoes ini sama halnya dengan bahaya yang mengancam sepatu hak tinggi. Bedasarkan penelitian beberapa para ilmuwan, sepatu tanpa hak alias flat disinyalir bisa menyebabkan gangguan pada pinggul atau lebih sering disebut ‘nyeri pinggul.

Sepatu tanpa hak ini beresiko karena tidak adanya penahan berat untuk “meredam” gerakan yang tiba-tiba. Hal ini dapat meningkatkan risiko berkembangnya nyeri tumit, tulang retak dan masalah pada pinggul.

Flat shoes berbahaya karena tidak adanya bantalan di kaki, flat shoes cenderung meningkatkan lengkungan pada telapak kaki dan sakit ketika harus mengenakan high heel, hal ini diutarakan para ahli penyakit kaki dari Carnation Footcare, seperti dikutip Sun Health.


Bahkan, flat shoes dapat menyebabkan tumit pecah-pecah, dan masalah pinggul. Karenanya, lakukan variasi dalam memakai sepatu mulai flat shoes hingga high heels. Selain itu gunakan krim pelembut ketika gejala pecah-pecah pada tumit dan gunakan bantalan sepatu agar kaki menjadi lebih nyaman

Mengenai bahaya flat shoes juga dilansir Geniusbeauty.com, dimana penggunaan flat shoes terlalu sering bisa membahayakan tulang. Berdasarkan data yang dikumpulkan para ahli tulang, alas sepatu yang sangat datar tidak bisa menopang telapak kaki secara optimal. Saat Anda berjalan memakai flat shoes, otot-otot kaki, tendon, pembuluh darah dan sendi menjadi tiga kali lebih terbebani. Lutut jadi sering terasa linu.

Setelah tahu bahayanya, bukan berarti membuang semua koleksi sepatu datar kesayangan Anda. Sepatu ini boleh digunakan, asal tidak terlalu sering. Baiknya lagi ladies, para ahli menyarakan untuk menggunakan sepatu dengan sol atau hak rendah sekitar 2 sampai 3 cm. Dengan tinggi itu, kaki dapat tertopang dengan baik dan menghindari nyeri yang bisa terjadi jika Anda memakai high heels atau flat shoes. (lya)