6 Keranda Mayat Sudah Disiapkan

tembak, penembakan, pistol
ilustrasi
809419_09425507062014_69Ilustrasi-penembakan
ilustrasi

POJOKSATU –  Sehari jelang eksekusi, para petugas makin sibuk.  Aktivitas di Dermaga Wijayapura juga mengalami peningkatan.

Informasi yang dihimpun Radarmas, sejumlah petugas kepolisian dari Polda Jawa Tengah dan Polres Cilacap telah masuk ke Pulau Nusakambangan untuk melakukan cek lokasi eksekusi.

Tidak hanya itu, rombongan yang terdiri lebih dari 5 orang ini juga membawa kayu menyerupai salib yang diduga akan dipergunakan untuk titik eksekusi.

Namun, masuknya petugas kepolisian ini tidak melalui Dermaga Wijayapura, seperti yang diduga oleh awak media. Mereka menyeberang melalui dermaga Holcim, sehingga tidak sampai terlihat oleh awak media yang sejak pagi menunggu. Rombongan masuk dan menyeberang ke Nusakambangan sekitar pukul 14.00 WIB.


Selain itu, persiapan lain juga terlihat di dermaga Wijayapura. Dua petugas kepolisian mengendarai sebuah truk dalmas, membawa berbagai perlengkapan seperti plastik penutup seperti tenda darurat, meja dan kayu-kayu menyerupai keranda jenazah. Petugas telah menyiapkan enam keranda jenazah untuk terpidana mati yang diekseskusi pukul 00:00 nanti malam.

Tanpa mengeluarkan kata, mereka langsung menurunkan sejumlah barang itu, dan bergegas pergi.

Sebelumnya, sejumlah keluarga dari para terpidana mati tiba di Dermaga dengan pengawalan ketat pihak kejaksaan. Mereka mengendarai mobil yang melaju cepat saat masuk ke area dermaga. Mereka juga tidak turun dari mobil, dan langsung bergegas pergi.

Mengenai persiapan ini, Kapolres Cilacap AKBP Ulung Sampurna Jaya,SIK,MH menjelaskan bahwa sedikitnya ada 5 titik yang akan disterilisasi. Diantaranya adalah Dermaga Wijayapura, Lokasi Eksekusi, dermaga Sodong Nusakambangan, Lapas yang dihuni oleh para terpidana.

Jalur laut yang dilintasi pembawa jenazah pasca eksekusi juga disterilkan dari kapal-kapal lain.

“Kalau untuk lalu lintas jalan, sudah pasti kita lakukan pengawalan jenazah. Termasuk penjagaan titik-titik lalu lintas yang akan dilalui mobil jenazah,” tegasnya. (far)