Jokowi Copot Kapolri dan Kabareskrim

POJOKSATU – Isu panas muncul di tengah polemik penunjukkan Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal kapolri. Presiden Jokowi dikabarkan mencopot Kabareskrim Komjen Suhardi Alius.

Tak hanya itu, para wartawan yang bertugas di Istana juga mendapatkan informasi bahwa Jokowi juga mencopot Kapolri Jenderal Sutarman. Jabatan orang nomor satu di kepolisian itu dipegang sementara oleh Wakapolri Komjen Badrodin Haiti yang diangkat menjadi Plt Kapolri.

Istana belum memberi tanggapan soal isu ini. Yang jelas, banyak pihak menyayangkan Suhardi dicopot. Suhardi sendiri selama ini dikenal dengan ketegasannya. Dia juga tak takut kekuasaan pemerintahan.

Informasi yang beredar, orang nomor satu di Bareskrim itu dikabarkan dipindahkan ke Lembaga Ketahanan Nasional. Suhardi akan digantikan oleh Irjen Budi Waseso sebagai Kabareskrim.


Isu pencopotan ini juga sudah sampai di telinga Komisi III DPR. Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy, mengatakan, perpindahan Suhardi harus dilihat sebagai bagaian dari penyegaran struktur Polri.

“Saya rasa itu hal yang biasa dalam sebuah tata organisasi, termasuk di kelembagaan Polri,” katanya, Jumat (16/1).

Dijelaskan dia, pergeseran yang demikian memang harus dilakukan untuk melakukan regenerasi pada struktur Polri.

“Tak perlu ada spekulasi atas penugasan Pak Suhardi di Lemhanas. Saya rasa beliau sebagai seorang prajurit akan selalu siap di tugaskan di mana pun,” pungkasnya. (boy/jpnn/one)