Denny JA: Ini Win-Win Solution Bola Panas Kapolri

POJOKSATU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebaiknya menerapkan win-win solution untuk bola panas Kapolri.

Begitu dikatakan Direktur Eksekutif Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA mengawali kicauannya, beberapa menit lalu, Jumat (16/1).

“Walau tak semua puas, tapi ini jalan tengah yang paling moderat,” tulis Denny melalui akun twitternya @DennyJA.

Jalan tengah dimaksudnya yakni Presiden Jokowi harus sesegera mungkin melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri. Konsekuensinya setelah dilantik terlebih dahulu Budi Gunawan langsung dinonaktifkan dari jabatan Kapolri dan ditunjuk pejabat sementara.


Dengan keputusan ini, menurut Denny, tingkat kontroversi bisa dikurangi secara maksimal. Keputusan KPK soal status tersangka Budi Gunawan juga dihormati karena detik itu juga yang bersangkutan dinonaktifkan sebagai Kapolri. Demikian pula terhadap keputusan paripurna DPR karena Budi Gunawan dilantik.

“Ini sama dengan kasus SBY menghadapi draft UU Pilkada yang membuat kepala daerah dipilih DPRD. Draft itu disahkan dan langsung dicabut,” ulas Denny.

Megawati dan partai pendukung di Koalisi Indonesia Hebat pun diyakininya tidak merasa dikhianati Jokowi karena Budi Gunawan sempat dilantik, walau kemudian dinonaktifkan.Civil society dan relawan juga pasti bisa menerima keputusan tersebut.

“Inilah solusi buah simalakama bagi Jokowi: dilantik salah, tak dilantik juga salah. solusinya: dilantik dan langsung dinon-aktifkan,” ujarnya lagi.

“Dengan solusi jalan tengah atau win win solution bagi Kapolri, Jokowi bisa lebih diterima banyak pihak,” demikian pungkasnya.(rm/wid/ps)