BG ke Istana Ceria, Pulang Murung

Komjen Budi Gunawan
Komjen Pol Budi Gunawan
Komjen Pol Budi Gunawan

POJOKSATU – Ada yang berbeda dari sikap calon tunggal Kapolri, Komjenpol Budi Gunawan di istana hari ini. Saat jenderal bintang tiga itu datang ke istana pada pukul 09.00 WIB, Budi terlihat sangat bersahabat. Dia melempar senyum lebar ke wartawan.

Pemandangan berbeda dan sangat konttras diperlihatkan Budi Gunawan ketika Jokowi mengumumkan pencopotan kapolri sekaligus menunda pelantikan Budi Gunawan pada malam hari. Saat pengumuman itu, Budi Gunawan juga tampak di Istana.

Usai pengumaman, Budi langsung keluar dari pintu Istana. Budi keluar bersamaan dengan bekas Kapolri Jenderal Polisi Sutarman dan didampingi beberapa ajudan. Budi mengenakan seragam lengkap. Saat didekati media, Budi langsung berjalan cepat, keluar dari kompleks Istana melalui pintu samping masjid di Istana. Ia menolak berkomentar, tak ada satu pun kata keluar dari mulut Budi.

Ia tidak tersenyum, raut wajahnya datar, dan terus berjalan menuju mobil sedan Camry yang sudah menunggunya di depan pintu samping Istana Merdeka.


Presiden Jokowi menegaskan bahwa pencalonan Budi Gunawan sebagai kapolri tidak dibatalkan tapi hanya ditunda menunggu proses hukum yang berjalan. Presiden juga menunjuk Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti sebagai Plt. Kapolri, menggantikan Jenderal Polisi Sutarman.

“Jadi menunda, bukan membatalkan. Perlu digarisbawahi itu,” tegas Presiden. Namun, Ia tidak menjelaskan sampai kapan penundaan itu dilakukan. (one)