KPK Segera Tahan Budi Gunawan, Ini Reaksi JK

Budi Gunawan
Budi Gunawan
Budi Gunawan
Komjenpol Budi Gunawan saat menghadiri fit and propert test di ruang komisi III DPR RI

POJOKSATU – Setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus rekening gendut, calon Kapolri Komjenpol Budi Gunawan segera ditahan. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengatakan, KPK segera menyelesaikan perkara Budi Gunawan dan melakukan penahanan pada waktunya nanti.

Menanggapi rencana penahanan itu, Wakil Presiden Jusuf Kallas (JK) mengatakan, penahan itu dilakukan jika tersangka berniat untuk kabur atau menghilangkan barang bukti.

“Ditahan itu kalau orang itu mau lari, mau apa, ya kan gitu,” kata JK menjawab pertanyaan wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (15/1/2015).

Ketua Umum PMI itu yakin Budi Gunawan tak akan lari meskipun sudah ditetapkan sebagai tersangka. “Masa Budi mau lari,” ujarnya.


JK berkaca pada mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Purnomo yang belum ditahan KPK hingga saat ini. Hadi yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi kala dia menjabat Direktur Jenderal Pajak 2002-2004 itu tak melarikan diri ke luar negeri. “Sudah berapa lama Pak Hadi (jadi tersangka), nggak papa kan. Yang lain juga nggak papa kan,” kata JK.

Sebelumnya, Ketua KPK Abraham Samad mengatakan segera menyelesaikan Budi Gunawan dengan menahan jenderal bintang tiga itu, shingga seorang tersangka dipastikan akan dibawa ke persidangan untuk diadili. “SOP di KPK ketika sudah tersangka insya Allah, ketika pemberkasannya hampir 50 persen, dia pasti ditahan. Kapan BG ditahan ini cuma masalah SOP dan prosedur hukum,” kata Samad. (one)