FPDIP ‘Paksa’ Jokowi Lantik Budi Gunawan Besok

Budi Gunawan
Budi Gunawan

POJOKSATU – Anggota komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Trimedya Pandjaitan menegaskan sampai hari ini Presiden Joko Widodo tidak menyalahi aturan dalam pemilihan calon Kapolri. Karena itu dia menyarankan agar Jokowi segera melantik Komjen Pol Budi Gunawan begitu disahkan dalam paripurna DPR hari ini.

Dia mengatakan proses ini tidak seratus persen kesalahan presiden maupun DPR. Yang dia sayangkan adalah proses seleksi yang berjalan di DPR tidak bisa dihentikan. Karena itu dia menyerahkan sepenuhnya kepada presiden untuk mengatasi ini.

“Biar Presiden Jokowi yang atasi. Jokowi harus hormati putusan politik kalau paripurna setujui (Budi Gunawan). Jokowi seyogyanya segera melantik. Saya usulkan besok,” kata Timedya sebelum sidang paripurna DPR, Kamis (15/1).

Dalam proses uji kepatutan dan kelayakan kemarin, Trimedya menilai penampilan Komjen Budi bisa menjalaninya dengan baik. Sehingga dia layak menjadi kapolri terlepas dari kasus yang ada di KPK.


“Kita anggap beliau (Budi Gunawan) layak terlepas dari kasus. Kita tidak terpengaruh dengan status tersangka. Tergantung paripurna. 9 fraksi aklamasi beri persetujuan (di komisi),” tandasnya.

Trimedya hanya mengingatkan kalau nanti dilantik jadi kapolri, maka kepala Lemdikpol itu tidak boleh menggunakan jabatannya  menghadapi proses hukum yang ada di KPK. (fat/jpnn)