3 Jenderal Tolak BG Jadi Calon Kapolri

Komjen Budi Gunawan
Komjen Pol Budi Gunawan
Komjen Pol Budi Gunawan

POJOKSATU – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengungkap adanya tiga perwira tinggi Polri yang tidak senang dengan Komjen Budi Gunawan (BG). Ketidaksukaan terhadap Budi itu juga terkait dengan rivalitas dalam memperebutkan posisi orang nomor 1 di Polri.

“Ini hasil penelusuran IPW. Ada tiga perwira tinggi Polri yang terang-terangan menjatuhkan BG. Tidak suka. Mereka merasa yang lebih pantas jadi Kapolri,” kata Neta di pressroom DPR, Senayan Jakarta, Kamis (15/1).

Neta mengatakan, ketiga perwira tinggi Polri itu sengaja membuat gonjang-ganjing dengan harapan salah satu di antara mereka bisa jadi Kapolri mengganti Jenderal Polisi Sutarman. Neta bahkan melihat indikasi itu sangat kuat karena ada petinggi Polri yang mendekati Kompolnas.

“Bahkan, tiga hari sebelum BG jadi tersangka, salah satu dari mereka melobi Kompolnas. Tapi syukur, Kompolnas menolak lobi mereka. Saya tidak akan mengungkap tiga nama tersebut karena ini hasil penelusuran IPW,” ungkap Neta


Mantan wartawan itu menegaskan, peristiwa ini akan menghancurkan dan merusak institusi Polri. “Jadi tidak hanya sekedar BG saja yang kena, institusi Polri juga hancur,” pungkasnya.(fas/jpnn)