100 Mayat Muncul di Sungai Gangga Hebohkan India

Warga melakukan ritual di sungai India
Warga melakukan ritual di sungai India
Warga melakukan ritual di sungai India

POJOKSATU – Penduduk India yang tinggal di dekat Sungai Gangga dihebohkan dengan kemunculan ratusan mayat di anak sungai Gangga.

Mayat-mayat itu mengapung ke permukaan sejak Selasa (13/1/2015) lalu. Hingga kini, mayat-mayat dari sungai suci umat Hindu India itu masih bermunculan.

Polisi menduga, mayat-mayat tersebut berasal dari penguburan massal di sungai terbesar di India itu.
Sungai Gangga memang selalu dijadikan tempat ritual kremasi mayat.

Beberapa keluarga dari umat Hindu biasanya mengkremasi anaknya yang belum menikah di sungai gangga. Mayat mereka ditenggelamkan ke sungai Gangga dengan harapan mereka akan terlahir kembali dalam keluarga.


Mayat-mayat itu ditemukan mengapung di dekat tepi sungai di provinsi Uttar Pradesh, setelah penduduk setempat melihat burung bangkai dan anjing berputar-putar di daerah tersebut.

Pihak berwenang mengatakan 104 mayat membusuk telah diambil dari sungai yang panjangnya 1.500 mil tersebut. Meskipun dianggap suci, sungai Gangga kini sudah sangat tercemar oleh limbah, pestisida pertanian dan limbah industri.

Upaya pembersihan diumumkan oleh Presiden India Narendra Modi. Sebelumnya, pembersihan sungai suci itu menghabiskan dana miliaran, tetapi sebagian besar gagal. (upi/one)