Mendikbud: Kucuran Dana Pendidikan Rp 409 Triliun

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan
Anies Baswedan
Anies Baswedan

POJOKSATU – Menteri Pendidikan dasar dan Menengah, Anies Baswedan mengungkapkan dana  untuk pendidikan diseluruh Indonesia telah ditetapkan sebesar Rp 409 Triliun.

Dari total semua, 68 persen dana yang disiapkan oleh pemerintah akan doalokasikan untuk pendidikan di daerah sekitar Rp 254 triliun dan sisanya sebanyak Rp 155 triliun atau 32 persennya dialokasikan untuk pendidikan di pusat.

Anies tak menyebutkan porsi anggaran untuk masing-masing daerah. Namun, ketika disinggung soal besar anggaran untuk wilayah Indonesia Timur, Anies hanya mengatakan untuk wilayah Indonesia Timur tak mengalami perubahan anggaran.

“Anggaran untuk disana besarnya masih sama,” Ungkap anis di Jakarta, Selasa (13/1/2015).


Anis juga menegaskan, alokasi dana tersebut digunakan untuk peningkatan kualitas guru. Kemendikbud berencana akan membagi jatah pada masing-masing wilayah sebesar Rp 3 triliun. Besarnya dana yang diterima oleh Kemendikbud dijamin akan dikelola dengan baik dan maksimal.

Menko  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani meminta pada Anies agar bisa memanfaatkan kucuran dana sebesar itu dengan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Dengan pendidikan yang baik akan ada manusia unggul,” Ujar Puan. (zul)