Jokowi Gembira Sekali, Ada Apa?

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

POJOKSATU – Presiden Jokowi menyambut baik penemuan badan pesawat AirAsia QZ 8501 oleh tim SAR gabungan hari ini, Rabu (14/1). Ini disampaikan presiden dalam jumpa pers di halaman Wisma Negara, Jakarta, Rabu malam.

“Sore hari ini saya senang sekali, saya gembira sekali, karena tadi jam 3 saya mendapatkan kabar bahwa badan pesawat AirAsia sudah ketemu,” ujar Jokowi.

Dengan penemuan itu presiden menyebut akan memudahkan bagi tim gabungan untuk memulai pencarian ddi dalam badan pesawat. Atas penemuan itu, presiden mengapresiasi kerja keras tim gabungan bersama Basarnas tersebut.

“Sekali lagi saya sangat menghargai kerja keras Basarnas beserta seluruh jajaran yang mendukung, TNI, Polri, BPPT juga kementerian yang semuanya masih konsentrasi untuk evakuasi mencari penumpang yang masih belum diketemukan. Sekali lagi saya menghargai Basarnas,” tandas Jokowi.


Sebelumnya diberitakan, badan pesawat AirAsia QZ8501 sudah ditemukan. Informasi ini awalnya mencuat usai Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen mengkonfirmasi armada negaranya yang diperbantukan dalam operasi kemanusiaan ini; MV Swift Rescue, menemukan badan QZ8501. Kepala Badan Search and Rescue Nasional (Kabasarnas), FHB Soelistyo juga sudah membenarkan hal tersebut.

“Saya berbicara melalui telepon dengan dia (Komandan di kapal MV Swift Rescue, SLTC Chow Khim Chong), bagaimana mereka pertama kali mendeteksi sonar reruntuhan sekitar 2 km dari mana ekor ditemukan sebelumnya. Mereka kemudian mengirim kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, yang memiliki konfirmasi visual, sebelum akhirnya menginformasikan kepada BASARNAS, otoritas pencarian Indonesia,” tulis sang menteri di halaman facebook-nya, Rabu (14/1) sore.

Sementara Soeslityo membenarkan, kapal AL Singapura itu menemukan badan pesawat sekitar pukul 15.05 WIB. “Badan pesawat ditemukan masih menempel dengan satu sayap pesawat. Ditemukan pada hari ini,” ungkapnya kepada wartawan di Kantor Pusat Basarnas, tadi sore. (adk/jpnn/ps)