FDR AirAsia di Jakarta, CVR Masih di KRI Banda Aceh

144023_204525_black_box_dl
Black Box

POJOKSATU – Tim penyelam evakuasi AirAsia QZ8501 dilaporkan sudah mengangkat cockpit voice recorder (CVR) dari kedalaman laut, dan sudah berada di KRI Banda Aceh, setelah dievakuasi oleh KN Jadayat, Selasa (13/1) siang ini. Sedangkan flight data recorder (FDR)  kini sudah berada di Jakarta untuk selanjutnya diperiksa oleh KNKT.

Evakuasi CVR ini awalnya muncul di BBC, juga di Metro TV. Konfirmasi baru diperoleh dari pihak Koordinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan A Tonny Budiono kepada Metro TV.

“Alhamdulillah Tim Jadayat juga akhirnya yang menemukan CVR. Saat ini CVR tersebut telah dibawa dari kapal Jadayat ke kapal KRI Banda Aceh oleh Tim KNKT,” tulis Tonny.

Rekaman percakapan di kokpit pesawat nahas yang jatuh pada Minggu (28/12) ini ditemukan tidak jauh dari lokasi penemuan flight data recorder (FDR) di Selat Karimata, Kalimantan. “Jaraknya hanya 20 meter,” imbuh Tonny.


CVR ini melengkapi penemuan Black Box sebelumnya, yang berisi rekaman data penerbangan pada Senin (12/1). Kini, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah bisa segera menggarap informasi dari keseluruhan elemen yang ada di Kotak Hitam ini. (adk/jpnn)