Berantas Mafia Izin Terbang, Jonan Rombak Pejabat Kemenhub

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan
ignasius_jonan_baru
Ignasius Jonan

POJOKSATU – Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan, Senin (21/1) merombak jajaran eselon I, II dan III. Tak seperti biasanya, pelantikan ini berlangsung secara tertutup dari awak media. Pelantikan berlangsung di Gedung Cipta, Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat, Senin (12/1) petang.

Bahkan pengawalan super ketat turut menjaga pelantikan yang berlangsung secara tertutup ini. Dari pantauan reporter JPNN.com (Grup Pojoksatu.id) di lapangan, enam orang penjaga berbadan tegap menjaga lift bawah di Gedung Cipta.

Hingga pelantikan usai, tak satupun pejabat yang mau berkomentar menyoal perombakan jajaran eselon I, II dan III. Staf Khusus Menteri Perhubungan, Hadi M Djuraid saat ditemui juga enggan berkomentar banyak soal perombakan jabatan tersebut.

Apakah terkait dengan maskapai AirAsia QZ8501, yang berhasil terbang pada Minggu (28/12) lalu dari Surabaya-Singapura? Di mana jadwal tersebut di luar ketentuan dari yang diberikan Kemenhub.


“Jangan tanya saya, tanya sama Pak Barata (Kapuskom Kemenhub) saja, biar satu pintu informasinya,” kilah Hadi.

Jonan maupun Barata, bahkan luput dari incaran awak media yang sudah menunggu di lift lobi bawah Gedung Cipta Kemenhub. Mantan Dirut KAI itu berhasil kabur dari kejaran awak media melalui pintu belakang.

Pelantikan pejabat tinggi di Kemenhub yang terkesan dadakan dan tertutup tersebut menimbulkan banyak tanda tanya. Diduga, pelantikan itu terkait dengan upaya Jonan memberantas oknum mafia izin terbang di kementeriannya. (chi/jpnn/ps)