Puluhan PNS ini Ngotot Menjanda

Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

POJOKSATU – Sepanjang tahun 2014 tercatat ada 22 pegawai negeri sipil (PNS) perempuan lingkup pemerintah provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang mengajukan cerai. Alasan mereka ngotot menjadi janda beragam. Mulai karena suaminya selingkuh, hingga merasa tidak puas dengan pemenuhan nafkah lahir dan batin.

Kepala Bidang Kinerja dan Kesejahteraan Pegawai BKD Sulsel, Suraedah mengatakan dari 22 PNS yang mengajukan cerai, semua usulan dari pihak istri atau perempuan. Namun selama ini pihaknya selalu berusaha mendamaikan jika adas kasus perceraian PNS.

“Alasannya beragam. Mulai dari perselingkuhan, KDRT, hingga merasa tak dinafkahi suami secara batin oleh sumaminya. Ada pula tiga usulan yang meminta cerai karena suaminya tak bekerja,“ ujarnya, Senin (12/1).

Dari 22 permohonan perceraina, baru 11 yang disetujui pihak BKD Sulsel. Permohan tak semuanya diizinkan karena BKD berharap mereka bisa rujuk kembali.


“Yang kita izikan itu kasus pasangannya yang sudah pisah ranjang selama setahun atau kekerasan rumah tangga yang intens terjadi,“ ungkapnya.(ure)