Pengiriman Kotak Hitam AirAsia Dikawal 7 Pesawat

Ilustrasi black box
Ilustrasi black box
Ilustrasi black box

POJOKSATU – Penemuan sinyal kotak hitam (black box) pesawat AirAsia QZ8501 sangat vital untuk mengungkap kejadian sebenarnya di balik jatuhnya pesawat rute Surabaya-Singapura pada 28 Desember lalu. Tak heran, dalam proses pangangkatan dari dasar laut dan proses pengirimannya ke Jakarta mendapatkan pengawalan ketat.

Kalteng Pos (Grup Pojoksatu.id) melaporkan, Komandan Lapangan Udara Iskandar Pangkalan Bun Letkol Penerbang Johnson Simanjuntak mengungkapkan, tim akan menyiapkan tujuh pesawat yang dapat digunakan untuk membawa kotak hitam ke Jakarta.

“Pencarian kotak hitam masih berlangsung di sektor prioritas kedua yang terletak di dalam sektor I di perairan Teluk Kumai. Setelah ditemukan kotak hitam pesawat itu akan langsung dibawa ke Bandar Udara Halim Perdanakusuma, ” ujarnya, Senin (12/1) pagi.

Berdasarkan hasil survei, lokasi sinyal ping tersebut berada pada posisi 3 derajat 37 menit 20.7 detik Lintang Selatan (LS) dan 109 derajat 42 menit 43 detik Bujur Timur (BT).


Tak hanya itu, pengangkatan kotak hitam ke permukaan ini juga dipantau langsung oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Saat ini sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk menyambut kedatangan Pangliman TNI ke Pangkalan Bun yang kali kedua selama insiden AirAsiaQZ8501. (ena/jpnn)