Ini 6 Insiden Pohon Tumbang di Bogor

Korban pohon tumbang di KRB dievakuasi ke RS PMI Bogor. Foto Dede/pojoksatu.id

POJOKSATU – Pohon tumbang di Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/1/2015) menelan banyak korban jiwa. Bahkan sebanyak lima orang tewas, 2 kritis dan 23 luka-luka. Saat ini korban kritis dan luka-luka masih dalam perawatan di Rumah Sakit PIM Bogor.

Insiden pohon tumbang hingga menelan korban jiwa di Bogor bukan kali ini saja. Sebelumnya sebanyak lima kali insiden pohon tumbang terjadi di Bogor juga ada yang menelan korban jiwa. Berikut enam insiden pohon tumbang yang terjadi di Bogor selama beberapa bulan terakhir:

1.  8 OKTOBER 2014

Pohon di Tanjakan Sarijan, wilayah Gunungbatu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor tumbang menimpa pengendara sepeda motor hingga melukai tiga orang. Peristiwa terjadi sekitar pukul 18.30 Wib, saat hujan gerimis melanda sebagian wilayah Kota Bogor. Saat itu ketiga korban sedang mengendarai sepeda motor dan melintas di lokasi kejadian. Diduga karena lapuk menyebabkan pohon yang dikenal warga bernama Kicopong tumbang dan menimpa pengendara sepeda motor. ”Korban ada dua pengendara sepeda motor, satu motor boncengan dan satu lainnya sendiri,” kata Kapolsek Bogor Barat Kompol Indratningtyas.


2.  12 NOVEMBER 2014

Dua Pohon besar berusia puluhan tahun tumbang di lokasi yang berbeda di wilayah Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kejadian ini mengakibatkan arus lalu lintas macet hingga empat kilometer. Menurut keterangan anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bogor Adang, pohon yang tumbang di Jalan Tentara Pelajar, depan Gedung Balitro, Cimanggu ini menimpa satu tiang listrik dan telepon umum. ”Ada pohon tumbang di Cimanggu dan Cibadak. Arus\ lalu lintas padat tidak bergerak,” ujar Adang.

3.  26 NOVEMBER 2014

Pohon tua nan angker di Jalan Dadali, Kelurahan Tanahsareal, Kota Bogor tumbang dan menewaskan Muhamad Ihsan (24), warga Pagelaran Kidul, RT 05/05, Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Dahan pohon angsana sebesar paha orang dewasa menimpa kepala suami Heni tersebut. Warga yang mengetahui kejadian itu langsung berhamburan ke jalan dan berusaha menyelamatkan pria nahas tersebut.

4.  29 NOVEMBER 2014

Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sebuah pohon akasia menimpa Taksi Pusaka di pertigaan Jalan Lodaya, Bogor Tengah, Kota Bogor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun bagian atap taksi Pusaka nopol B 1421 UTB yang sedang parkir mengalami kerusakan. Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Kota dan DLLAJ Kota Bogor yang tiba dilokasi langsung melakukan pembersihan dahan pohon yang menutupi jalan.

5.  1 DESEMBER 2014

Tiupan angin Muson Barat yang melanda wilayah Bogor menyebabkan belasan pohon koleksi di Kebun Raya Bogor bertumbangan, tercatat sekitar 13 pohon koleksi dan tiga nonkoleksi tumbang dalam kurun waktu dua hari terakhir. Lokasi pohon tumbang terjadi di sejumlah titik di Kebun Raya yakni di Jalan Kenari 1 dan Kenari 2, di area makam Mbah Jepra, Guest House, ”meeting point”, jembatan Ciliwung dan pintu cokelat.

6.  11 JANUARI 2015

Pohon Kebun Raya Bogor kembali bertumbangan. Namun kali ini lebih nahas. Lima pengunjung Kebun Raya harus meregang nyawa dan puluhan orang luka parah setelah ditimpa pohon raksasa. (els/lya)