Heboh, Susi Pudjiastuti Posting Foto Maling Ikan

oto di akun @susipudjiastuti
oto di akun @susipudjiastuti
oto di akun @susipudjiastuti

POJOKSATU – Susi Pudjiastuti kemarin memposting sebuah foto menarik. Dua nelayan berfoto di tengah lautan, berdiri di atas jejaring yang isinya penuh dengan berton-ton ikan. Menteri Kelautan dan Perikanan itu tidak menyebut, sumber fotonya. Dia hanya mencuitkan captionnya begini: Ini di daerah dekat Tual. Jaring trawl disatukan. Bayangkan manusia bisa berdiri di tengah laut. Berapa ton ikan diambil,” katanya di akun @susipudjiastuti.

Cuitan itu muncul pukul 09.59, tanggal 11 Januari 2015. Followernya yang mencapai 50-an ribu orang banyak yang mengomentari. Foto itu di-retweet sebanyak 300-an kali, dan difavoritkan.

Ada yang sekedar bertanya. Siapakah dua orang yang berfoto itu? Nelayan Indonesia atau maling ikan dari negara lain, Bu? Tanya akun @kamu698.

Komentar terbanyak umumnya geram dan kesal. Mereka minta agar Menteri Susi segera menindak. Tangkap dan tenggelamkan kapalnya, By,” teriak akun @yah_toni. Ini benar-benar mematikan rejeki nelayan Indonesia,” tambah @tondy_gns. Setiap hari segitu dicuri? Gila,” komentar @benjosayuti, marah. Siap-siap ikannya langka untuk anak-cucu kita. Siapa yang bertanggungjawab kalau begini,” geram @suharsono14. Sadis sekali. Bagaimana kelanjutan ekosistem di bawah laut, kalau semau diangkut kayak gitu. Kebangetan,” kata @hen9K-SBY. Jadi, tindakannya apa? Akun @JheMukti tanya, Kok bukan ini saja yang diledakkan, Bu.”


Ada yang sedih. Mengapa maling-maling ikan itu baru diberantas sekarang. Dulu-dulu, aparat kemana saja. Beberapa tahun lalu, mata pemerintah dan aparat kita buta, sehingga kekayaan laut dicolong,” kata @BankzathLiberal.

Banyak juga akun yang memuji-muji langkah Menteri Susi menangkapi maling ikan dan menenggelamkan kapan pencuri. Akun @budizhingo menulis, Tetap semangat dan kita dukung Bu Menteri tangkap dan tenggelamkan kapal pencuri ikan,” katanya. Salut Bu Susi semoga ke depan ikan berlimpah dan murah terjangkau rakyat banyak. Lawan semua pencuri ikan di laut dan daratan,” kata @veronicapms11.

Beberapa saat kemudian, Susi mencuit lagi. Dia menanggapi pertanyaan sejumlah akun mengenai tindakan terhadap maling ikan dan kapal yang ditangkap. Dia bilang, tidak semua ditenggelamkan. Beberapa disita negara dan dihibahkan ke nelayan/ perguruan tinggi MT,” kata @susipudjiastuti.

Dampak dari tindakan tegasnya, sudah berbuah. Susi mencuit lagi, Beberapa hari yang lalu saya terima sms bahwa Muncar surplus 30.000 ton ikan setelah moratorium. Saya konfirmasi dengan Gubernur Soekarwo dan beliau mengiyakan,” katanya.

Ada akun yang bertanya, bagaimana jika ada pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan yang main-main. Susi menjawab, Adukan ke saya 0811211365,” katanya, tanpa ragu.(rmol)