1 Black Box Sudah Diamankan

Ilustrasi black box
Ilustrasi black box
Ilustrasi black box

POJOKSATU – Setelah melalui proses yang cukup panjang, tim penyelam akhirnya berhasil mengamankan satu black box atau kotak hitam AirAsia QZ8501 yang jatuh di Selatn Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Wartawan Pokoksatu.id, M Indra yang kini berada di Pangkalan Bun mengatakan, Tim SAR telah menemukan satu black box, tetapi penemuan itu belum disampaikan secara resmi oleh pihak Basarnas.

Seperti diberitakan sebelumnya, black box AirAsia QZ8501 ditemukan terhimpit serpihan badan pesawat. Tim penyelam KN Jadayat milik Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub menemukan kotak hitam itu pada koordinat 03.37.21 S atau 109.42.42 E dengan kedalaman sekitar 30-32 meter.

“Black box berada pada himpitan serpihan badan pesawat, keadaan ini sangat menyulitkan tim penyelam dalam proses pengambilanya,” kata Koordinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, A Tonny Budiono.


Proses pengambilan black box dilakukan dengan dua skenario. Pertama, mengeser berlahan-lahan serpihan badan pesawat. Skenario kedua, dengan cara mengangkat serpihan badan pesawat menggunakan teknik balon seperti yang dilakukan pada ekor pesawat.

“Untuk memudahkan pekerjaan, tim penyelam TNI AL telah memasang marker buoy (pelampung penanda) kecil yang sebelumnya telah disiapkan di KN. Jadayat,” imbuh Tonny. (ind)