Gadis Muda Ledakkan Bom di Pasar, 19 Tewas

Serangan Boko Haram
Serangan Boko Haram
Serangan Boko Haram

POJOKSATU – Seorang gadis muda berusia 10 tahun melancarkan bom bunuh diri di pasar Maiduguri, ibukota negara bagian Borno, Sabtu (10/1/2015). Serangan tersebut menewaskan 19 dan melukai beberapa orang lainnya .

Pada saat bersamaan, pengebom bunuh diri lain menyerang di negara bagian Yobe, sebelah barat Borno. Dia meledakkan sebuah pos pemeriksaan polisi dan menewaskan pembom serta petugas inspeksi.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, tapi diduga kuat pelakunya adalah Boko Haram, organisasi ekstremis Islam yang telah melancarkan kampanye teror di Nigeria sejak tahun 2009 dalam rangka menegakkan hukum Syariah Islam di negara itu.

Pekan lalu, kelompok ini juga melancarkan serangan di pangkalan militer dekat desa Baga, di negara bagian Borno. Tentara multinasional dari Chad, Niger dan Nigeria mundur dari serangan militan dan melarikan diri ke segala arah. Setidaknya 2.000 masih hilang dan dikhawatirkan tewas di desa itu.


Boko Haram menjadi terkenal setelah menculik 200 anak sekolah di Kota Chibok pada bulan April 2014. Baru-baru ini, kelompok kembali menculik sekitar 40 anak laki-laki di Desa Malari, negara bagian Borno, pada 31 Desember 2014. (one)