Ada Harapan Black Box Hari Ini Ditemukan

Ilustrasi black box
Ilustrasi black box
Ilustrasi black box

POJOKSATU – Direktur Operasional Basarnas Posko Utama Pangkalan Bun, Marsekal Pertama SB Supriyadi, mengungkapkan, harapan untuk menemukan kotak hitam atau black box hari ini kembali menguat.

Itu setelah tiga kapal, kapal Baruna Jaya, Java Interior, dan GeoSurvey, menerima sinyal ping yang diduga kuat berasal dari kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501, di sekitar lokasi ditemukannya ekor pesawat yang telah berhasil diangkat kemaren.

“Hari ini tiga sinyal yang sama diterima oleh kapal Baruna Jaya, Java Interior, dan GeoSurvey di sekitar lokasi penemuan ekor pesawat kemaren, tepatnya di sebelah timur,” kata Supriyadi di Pangkalan Bun, Minggu (11/1).

Sinyal ping yang ditangkap berasal dari kedalaman 35 meter di perairan Karimata. Bunyi ping dari kotak hitam ditangkap dan direkam oleh pinger locator pada frekuensi 37,5 kilo Hertz.


Untuk itu, kata Supriyadi, kapal-kapal lain seperti KN Trisula, KN Andromeda, KN Pacitan, KRI Banda Aceh, KRI Usman Harun, juga kapal Amerika USS Sampson yang berada disekitar lokasi sinyal ping, diintruksikan untuk merapat ke lokasi sinyal ping terlacak.

“Tim penyelam pun disiagakan untuk melakukan pengecekan. Ada sekitar 47 orang penyelam yang disiagakan dan sedang menuju sasaran,” ujarnya, seperti diberitakan Kalteng Pos online (grup Pojok Satu).

Sebelumnya, Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo menyatakan, hari ini fokus utama tim tetap menjalankan operasi pencarian dan evakuasi korban.

“Selain berupaya menemukan kotak hitam, hari ini kami tetap terus fokus mencari korban dengan dugaan ada korban yang masih terjebak di badan pesawat yang besar,” kata Soelistyo.(ena/elm/nto)