Rini Soemarno Jadi Musuh Bersama

Rini Soemarno

Rini-Soemarno-Menteri-BUMN2

POJOKSATU – Sampai hari ini foto yang memperlihatkan Meneg BUMN Rini Soemarno memegang dasi Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan masih jadi pembicaraan khususnya di kalangan aktivis politik dan kelompok relawan pendukung Joko Widodo.

Kalangan ini menilai Rini Soemarno sedang bermanuver untuk “menaklukkan” hati Luhut Panjaitan. Lalu, bila tujuan pertama tercapai, Rini tampaknya ingin membangun semacam koalisi baru di dalam Istana yang bisa membentengi dirinya dari serangan politisi PDI Perjuangan dan kelompok relawan yang sejauh ini berhasil dijauhkan dari ring satu Jokowi.

“Tapi Bang Luhut juga tahu siapa yang selama ini berusaha keras menghalangi dirinya. Bang Luhut juga paham bahwa Rini Soemarno juga yang memotong akses kawan-kawan relawan ke Presiden Jokowi,” ujar Adamsyah WH dalam perbincangan Jumat siang (9/1).


Adam yang juga Ketua Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) itu adalah salah seorang pentolan relawan pendukung Jokowi. Adam mendapatkan keterangan langsung dari Luhut Panjaitan mengenai kecelakaan dasi itu.

Di sisi lain, seorang aktivis PDIP mengatakan, Rini Soemarno kini menjadi musuh bersama partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu. Status terbaru Rini Soemarno itu konon disampaikan dalam sebuah rapat partai baru-baru ini.

Juga beredar kabar bahwa Rini Soemarno pernah mengirimkan pesan kepada seorang politisi PDIP yang intinya mengatakan bahwa pengabdian Rini Soemarno pada Megawati selama sepuluh tahun sudah berakhir.

“Dia (Rini Soemarno) tampaknya tidak menyangka Bang Luhut akhirnya bisa masuk ke Istana. Jadi soal tangan Rini itu (memegang dasi Luhut), sebenarnya bisa dipahami sebagai manuvernya untuk merangkul Bang Luhut. Tapi manuver ini akan sia-sia. Kita lihat saja nanti,” ujar Adamsyah lagi. (dem)