Mensesneg Bungkam Ditanya Penunjukan Budi Gunawan Jadi Kapolri

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.
Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.
Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

POJOKSATU – Menteri Sekretaris Negara, Pratikno ikut membenarkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri pengganti Jenderal Sutarman.

Menurutnya, Presiden telah berkirim surat kepada DPR RI terkait hal ini. Surat tersebut lah yang menjadi sumber pemberitaan media massa tentang pemilihan Budi Gunawan.

“Kemaren sore dikirim ke DPR. Jadi setelah Presiden menerima surat dari Kompolnas, Presiden memerintahkan sore itu membuat surat ke DPR,” ujar Pratikno saat ditemui usai menghadiri perayaan HUT PDI Perjuangan di Jakarta, Sabtu (10/1).

Menurutnya, surat tersebut berisi pemberitahuan bahwa Presiden telah menentukan calon Kapolri. Selanjutnya, DPR akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon tersebut.


Pratikno memilih bungkam saat ditanya lebih jauh mengenai alasan di balik keputusan Jokowi memilih Budi Gunawan. Ia juga enggan menanggapi pertanyaan tentang proses pengambilan keputusan yang tidak melibatkan PPATK dan KPK. “Saya tidak tahu. Saya tidak bisa menjelaskan, karena saya tidak punya informasi mengenai hal itu,” kilahnya.

Pratikno pun enggan berspekulasi mengenai sikap DPR terkait keputusan ini. Menurutnya, pemerintah saat ini sudah menyerahkan semua proses kepada DPR. “Saya gak tau, tanya itu ke DPR,” pungkasnya. (dil/jpnn)