Jokowi Tunjuk Budi Gunawan Jadi Kapolri

Komjenpol Budi Gunawan
Komjenpol Budi Gunawan
Komjenpol Budi Gunawan

POJOKSATU – Surat penunjukan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri pengganti Jenderal Sutarman beredar di kalangan wartawan. Surat yang ditandatangani Presiden Jokowi itu ditujukan kepada Ketua DPR.

Surat bernomor R-01/Pres/01/2015 itu ditandatangani Presiden Jokowi pada tanggal 9 Januari 2015. Surat itu berisi permintaan persetujuan DPR tentang pengangkatan Budi Gunawan menjadi Kapolri yang baru. Saat ini, Budi Gunawan menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa Komjen Budi Gunawan dipandang mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai kapolri menggantikan Jenderal Gunawan yang telah menduduki jabatan tersebut selama 1 (satu) tahun 3 (tiga bulan.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto membenarkan surat tersebut. “Ya, betul,” ujar Andi Widjajanto, Jumat (9/1/2015).


Berikut isi surat pengangkatan Budi Gunawan sebagai Kapolri:

Nomor : R-01/Pres/01/2015
Sifat     : Segera
Lamp.  : Satu Lembar
Perihal : Pemberhentian dan Pengangkatan Kapolri

Yth. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat
Republik Indonesia
Jalan Jenderal Gatot Subroto
Jakarta 10270

Dengan    hormat, dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan proses regenerasi di lingkungan Kepolisian Indonesa, bersama ini kami sampaikan permintaan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat terhadap rencana kami untuk mengangkat Komisaris Jenderal Polisi Drs. Budi Gunawan, SH, MSi, menjadi Kapolri yang baru dan memberhentikan Jenderal Polisi Drs. Sutarman yang telah menduduki jabatan tersebut selama 1 (satu) tahun 3 (tiga bulan.
    
Komisaris Jenderal Polisi Drs. Budi Gunawan, SH, MSi, saat ini menjabat Kepala Lembaga Pendidikan Polri, dipandang mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia.
    
Permintaan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat ini disampaikan untuk memenuhi ketentuan Pasal 11 ayat (1) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan persetujuan, bersama ini kami lampirkan kutipan riwayat hidup Komisaris Jenderal Polisi  Drs. Budi Gunawan, SH, MSi. Kami berharap Dewan Perwakilan Rakyat dapat memberikan persetujuannya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Atas Perhatian Saudara Ketua, kami ucapkan terima kasih.

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
JOKO WIDODO